12 Fitur Telegram dan Keunggulannya

Kita tahu aplikasi chat tak bisa lepas dari kehidupan kita sekarang. Berbagai macam aplikasi chat tersedia dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Aku yang sejak tahun 1999 doyan sekali chat, mulai dari layanan chat IRC, Lovemail (pada masanya), YM, Gtalk, camfrog, Bbm, whatsapp, kakao, line, telegram, dan sebagainya. Mulai dari aplikasi atau layanan chat berbasis ketikan hingga suara, gambar dan video. Rasanya hampir semua aku pernah coba, namun hanya beberapa saja yang masih aku gunakan.

Tentu saja whatsapp masih aku gunakan secara pengguna aktif yang tak lain adalah teman, saudara dan rekan kerja banyak menggunakannya. Namun, ada satu aplikasi yang sejak tahun 2014 aku gunakan walaupun hanya satu, dua orang saja teman yang menggunakannya. Telegram. Yaa, telegram. Jika kita ingat kembali, rasanya tidak asing dengan telegram. Sesungguhnya telegram sudah kita kenal jauh sebelum ada smartphone. Aku ingat pernah menggunakan telegram di wartel (warung telephone) dekat rumah. Untuk mengirim telegram indah buat saudara di luar pulau. Apakah kalian juga ingat? Atau pernah mengalaminya?

Telegram yang aku maksud sekarang ini, berbeda. Tentunya telegram aplikasi chat. Aku tak pernah risau menggunakan telegram sendirian lantaran tak ada teman chat atau ngobrol. Ada berbagai macam chanel menarik yang ada dan membuatku betah menggunakan telegram. Yang tadinya tak punya teman chat, akhirnya punya dong. Chanel dan grup telegram dapat dengan bebas kita temui, keluar masuk pun tak jadi soal. Selain itu, aku tak perlu membagikan nomor HP, cukup menggunakan username yang telah aku setting tentu saja. Banyak kelebihan yang aku dapatkan. Aplikasi telegram memang belum banyak penggunanya di Indonesia. Secara pengguna aktif whatsapp memang jauh lebih unggul, namun secara fitur, aku rasa telegram jauh lebih unggul.

Berikut aku coba jabarkan, fitur dan keunggulan telegram.

1. Telegram jauh menjaga privasi.

Baik menggunakan whatsapp atau telegram dapat melakukan sinkronisasi penggunanya melalui no HP. Namun jika kita mengenal sesorang dan ingin melanjutkan pembicaraan melalui chat, menggunakan telegram tak harus memberikan no HP, kita dapat memberikan link tautan username. Apakah itu terlihat tidak profesional? Gunakan saja username yang memang real sehingga itu menjadi profesional.

Selain itu telegram juga menyediakan ruang chat rahasia yang lebih aman. Karena tidak dapat melakukan screen shot dalam ruang tersebut. Meski tidak banyak yang menggunakan, namun telegram menyediakan fitur ini.

2. Telegram tidak memberatkan karena menggunakan sistem cloud.

Dengan telegram kita tak perlu kuatir dengan penggunakan internal memory. Karena sistem cloud yang terdapat dalam telegram membuat kita tak perlu ribet menghapus pesan, gambar atau video yang masuk. Dengan telegram aku juga tak perlu repot dalam urusan melihat gambar yang dikirim, tak harus menyimpannya dalam memory HP. Kalau dirasa cukup mengganggu aku tinggal non aktifkan automatic media download dan auto play media pada settingan telegram.

3. Telegram mampu mengirim file besar

Dengan telegram aku dapat mengirim dan mendownload file berkapasitas besar lebih dari 1Gb. Ini sangat membantu sekali bukan. Bahkan aku dapat menitip simpan dalam cloud yang dimiliki telegram. Selama aku tidak end chat, file tersebut masih tersimpan.

4. Telegram memiliki emoticon lebih lucu

Kalau mau dibandingkan dengan Line atau BBM, telegram juga cukup memiliki emoticon yang lucu supaya suasana chat tidak menegangkan. Mau bikin sticker sendiri juga bisa.

5. Telegram menampung kapasitas anggota grup lebih banyak

Yang lagi musim ngadain kelas belajar online, aku rasa telegram cukup mampu bersaing. Pasalnya dapat menampung hingga 5.000 anggota dalam satu grup. Selain itu, keribetan dalam grup pun sudah tersedia antisipasinya. Kita dapat mengatur sedemikian rupa supaya anggota tidak menjadi masalah. Admin dapat melakukan apa saja, termasuk mensenyapkan anggota yang bawel dan dirasa cukup mengganggu, atau otoritas tertingginya adalah kick dan blokir.

Hal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya, namun dalam telegram ada fitur lain yang dapat kita kombinasikan. Perpaduan yang cocok biasanya fitur grup dengan fitur chanel.

6. Telegram dapat melakukan panggilan suara dan video

Tentu saja fitur ini juga disediakan telegram, seperti aplikasi chat lainnya. Namun bisa jadi ini salah satu fitur yang menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi sesuai kebutuhan, bukan?

7. Telegram memiliki BOT

BOT adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi, bukan manusia. Tentu saja BOT memiliki fitur AI (Artificial Intelligence) atau biasanya disebut kecerdasan manusia. Pengguna telegram dapat membuat BOT sedemikian rupa, untuk berbagai kepentingan. Kalau aku sih biasanya aku pakai untuk menyimpan informasi dan ini akan membantuku dalam menjelaskan ke orang lain, jika informasi itu sama dan berulang. Aku cukup aktifkan Bot dan memberikan link nya supaya orang tersebut ngobrol sendiri dengan si Bot. Asyik kan…

8. Telegram dapat dijalankan dalam platfon yang berbeda secara bersamaan

Sebenarnya beberapa aplikasi dapat dijalankan secara bersamaan dalam platfon berbeda. Namun telegram dapat dijalankan dalam berbagai platfon tanpa harus mengaktifkan dalam smartphone. Kalau gak punya smartphone asal punya no HP saja, kita dapat mengaktivkan dalam PC atau laptop. Namun, whatsapp belum bisa. Yang mirip adalah Line, tetapi aku pribadi terlalu kurang suka dengan Line karena berat dan menggunakan kapasitas memory HP. Selain itu, iklannya aduhai sekali..

9. Telegram bebas iklan dan gratis selamanya

Nah, ini yang tentu saja baru aku singgung di atas. Soal iklan nih, telegram no iklan deh. Aman. Ga terganggu jadinya. Soal gratis, aplikasi yang lain juga gratis. Namun melihat fitur telegram yang begitu unggul, rasanya aku ga bisa diem untuk gak ngajakin kalian buat coba aplikasi ini.

10. Telegram memuat pesan yang jauh dibelakang

Yang satu ini adalah masalah yang seringkali muncul dalam grup. Telegram dapat menjawab kebutuhannya. Tak perlu mengulang informasi berkali-kali, kalau kita baru saja join sebuah grup pastinya sudah terlewatkan banyak sekali obrolan dan topik bahasan, namun telegram menyediakan pesan tersebut untuk tetap terbaca walau kita baru saja join. Ini sungguh fitur yang diidamkan bagi setiap admin grup. Cukup memberikan arahan untuk membaca, membaca dan membaca. Sesudah membaca gunakan search untuk mencari apa yang diperlukan. Jika tidak menemukan barulah tanya ke dalam grup atau hubungi admin. Ini cukup membantu sekali bukan.

11. Telegram lebih interaktif

Telegram membuat grup chat lebih hidup dengan fitur Reply, Mentions, Hashtags, dan Forwards. Selain itu dalam telegram juga tersedia menu untuk membuat polling. Biasanya ini diperlukan dalam grup saat pengambilan keputusan.

12. Telegram memiliki chanel khusus

Fungsi dari chanel adalah melakukan siaran atau broadcast satu arah kepada anggotanya. Sehingga chanel dapat digunakan untuk menyimpan topik atau bahasan penting dalam berbagai diskusi grup. Sehingga biasanya, grup dipakai untuk saling ngobrol lalu kemudian kesimpulan disimpan dalam chanel. Atau kita dapat menggunakannya sesuai kreatifitas dan kebutuhan.

Nah, bagaimana? Sudah dapat mengenal fitur telegram dan keunggulannya bukan? Kalau sudah tahu, aku berharap dapat meneruskan informasi menarik ini ke orang lain. Mungkin saja mereka sedang mencari aplikasi chat yang dapat menjawab kebutuhan mereka. Selamat berselancar di dunia maya.

Tekhnologi bukan untuk menyesatkan atau membuat kita tersesat. Namun untuk membantu kita sesuai dengan kebutuhan serta membuat kita lebih bijak menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.