Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Karena Pandemi Covid-19

Stasiun Tugu Jogja
artha.nulis

Sebagian dari kita selalu memiliki rencana yang sedemikian rupa. Misal tentang perjalanan keluar kota ataupun keluar negeri, untuk bertemu saudara, kawan, berlibur atau memang untuk perjalanan dinas. Ditengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang, alangkah bijaksananya kalau kita mempertimbangkan kembali rencana itu. Utamakan perjalanan yang memang diperlukan dengan mendesak. Rindu, siapa pula yang sanggup menahan rindu dengan keluarga setelah hampir satu tahun tak bertemu. Aku paham, namun rindu masih bisa dipertemukan nanti jika kondisinya lebih baik. Memang saat ini setiap kita sedang diuji, ujian yang berat untuk masing-masing kita bisa menahan diri dan membuang jauh ego. Berusaha memberikan penjelasan supaya rencana itu bisa diundur untuk beberapa waktu, atau mungkin diganti dengan pertemuan secara daring (online).

Kali ini aku akan berbagi informasi, buat kalian yang sudah merencanakan perjalanan sampai dengan 01 Mei 2020 dengan menggunakan Kereta Api. Kalian bisa melakukan pembatalan secara online dengan mengakses PT. Kereta Api Indonesia melalui apikasi KAI Access atau datang langsung ke stasiun Kota kalian. PT. KAI akan memberikan penggantian tiket 100% untuk keberangkatan sampai dengan 01 Mei 2020. Sebagai informasi saja, kalau kalian melakukan pemesanan menggunakan aplikasi diluar KAI Access mungkin akan mengalami kesulitan saat mengurus pembatalan via online. Aku sudah mencobanya beberapa kali namun gagal, lalu aku putuskan untuk melakukan pembatalan dengan datang langsung ke stasiun Kota. Awalnya aku ragu untuk pergi keluar, namun balik lagi ini harus aku lakukan dan tidak dapat diwakilkan, segala persiapan pun aku lakukan. Menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, menyiapkan pena sendiri untuk mengisi data. Penuh doa aku menuju stasiun Kota dan saat sampai aku langsung menuju Layanan Reservasi dan Customer Service. Berikut langkahnya :

1. Ambil antrian Customer Service
Karena menggunakan mesin cetak sendiri dengan menekan tombol pencet lalu keluar no antrian, pastikan sesudah itu kita menggunakan hand sanitizer.


2. Duduk di bangku yang telah disediakan.
Ada bangku yang sudah diberikan tanda silang, artinya tidak boleh ditempati, ini dilakukan untuk menjaga jarak antara orang yang sedang menunggu antrian.

Stasiun Tugu Yogyakarta
artha.nulis


3. Sambil menunggu siapkan KTP dan Kode Booking Tiket kita, untuk mempercepat proses. Kalau tiket bukan atas nama kita sendiri, wajib menyiapkan surat kuasa bermeterai. Dan jangan lupa menyiapkan alat tulis kita sendiri lebih baik.


4. Setelah dipanggil CS kita akan diminta mengisi data. Yang perlu diperhatikan dalam data ini adalah Nama dan No HP aktif kita. Lalu pengembalian dana tiket, saran aku gunakan metode transfer supaya gak perlu balik lagi untuk mengambil sendiri secara tunai. Transfer rekening yang digunakan BCA, BNI, BRI dan Mandiri. Kalau kamu tidak punya rekening, bisa pinjam rekening orang lain yang tinggal serumah. PT. Kereta Api Indonesia akan memberikan sms ke No HP aktif kita pada saat dana berhasil di transfer.


5. Yang perlu kita ketahui jangka waktu pengembalian dana adalah 30 hari terhitung dari tanggal pembatalan, untuk sistem pengambilan tunai ke stasiun Kota. Dan jangka waktu 45 hati terhitung dari tanggal pembatalan, untuk sistem transfer ke rekening.
Dana yang dikembalikan 100% sesuai dengan harga beli kita. Tidak Ada potongan yaa… Semua keberangkatan hingga 01 Mei 2020


6. Setelah selesai dari Customer Service, selanjutnya kita diminta untuk mengantri ke loket pembatalan tiket secara sistem. Kalau di stasiun tugu Jogja ada di loket 4 dan 5 disebelah ruang Reservasi dan Customer Service dan kita tidak perlu mengambil no antrian.
Jangan khawatir berdesakan, di ruang ini hanya dibatasi untuk 16 orang maksimal, dengan jarak antrian yang sudah diatur dengan garis batas. Prosesnya cepat dan mudah. Semua dilakukan dalam upaya melawan Pandemi Covid-19 tahun 2020.

Stasiun Tugu Yogyakarta
artha.nulis


7. Kita tinggal menyerahkan bukti pembatalan tiket yang diserahkan oleh Customer Service, menunggu sekitar 10 menit dan selesai, kita bisa pulang dan menunggu transfer dana masuk rekening kita.

Oh yaa, saran aku kalian bisa datang 1-2 minggu sebelum keberangkatan untuk melakukan pembatalan, kecuali jika kalian sudah membulatkan niat untuk membatalkan tiket mudik lebaran satu bulan sebelum mudik, ini jauh lebih baik. Dari pada menunda, akhirnya terjadi antrian yang panjang di loket. Layanan ini dibuka setiap hari mulai pukul 06:00 sampai 20:00 jadi jangan khawatir yaa… Semoga ada waktu dan kondisi yang tepat untuk kita melakukan perjalanan lagi.

Saat ini kita tunda dan bersabar hati, meski rindu hanya terobati dengan bertemu nanti di lain hari.

Salam Waras dan Tetap Cerdas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.