Jogja Ada Sepeda

Layanan Sepeda Publik Berbasis Aplikasi Di Malioboro.

Kebayang Jogja makin hari makin padat, secara pribadi aku lebih memilih minggir menjauh dari pusat Kota Jogja apalagi kalau pas liburan. Gimana mau menikmati suasana Kota Jogja kalau yang didapat hanyalah kemacetan. Makin hari makin banyak aja kendaraan yang melintas dan sudah tentu nambahin polusi. Ciee.. sok segeran yah aku… Tapi beneran gaes.. Rinduu banget sama suasa santai ala Jogja dulu ya meski banyak kendaraan pula tapi ga sepadat sekarang lah…

Pada suatu hari aku dapat informasi tentang Jogja.Bike dari temanku hid. Lalu secara spontan aku coba download aplikasinya dan langsung bilang sama hid “ayok kita cobain!” Buat aku ini adalah alternatif yang bagus kalau Jogja Ada Sepeda. Itu berarti ada harapan untuk kembali menjadikan sepeda sebagai sarana berkendara, ya minimal untuk saat ini di Malioboro lah.

Dengan sok tau nya kami berdua langsung menuju shelter yang tertera dan terdekat yaitu Celeban. Sebenarnya aku dan hid sudah berdebat bahwa shelter ini bengkel sepertinya bukan untuk meminjam sepeda, tapi dengan berbagai dalih ya udah deh kami samperin aja biar gak penasaran. Sesampai di Celeban eh ada sepedanya banyak sekali, berbunga hati kami. Celingukan nyariin yang jaga kok sepertinya tidak ada. Kemudian adalah bekti maulana (IG. @maulana_desert) yang akhirnya kami tau namanya, sempat menjadi orang yang kami jumpai dan kami tanya di Celeban. Lalu kami diarahkan untuk menuju Malioboro jika ingin meminjam sepeda dengan aplikasi. Dengan penuh keceriaan kami pun meninggalkan Celeban menuju Malioboro Mall. Tepatnya sih sambil tertawa merasa geli dengan ke sok tahu an kami.

Sampai di Malioboro Mall kami ngadem dulu lah di mall sambil charge HP karena cuaca diluar masih panas. Dan kami berencana sore-sore aja bersepeda nya biar lebih santai dan cuacanya lebih teduh. Didalam mall sambil charge HP sesekali kami check aplikasi InaBike untuk memastikan ketersediaan sepeda di shelter
Jadi Gaes, sekarang ini Jogja Ada Sepeda lhoo… Ssttttsttt masih GRATIS dari InaBike (Ig @jogja.bike) tapi enggak untuk dibawa pulang. Layanan sepeda ini merupakan alternatif buat kita menikmati suasana Kota Jogja. Untuk saat ini sih memang jadi alternatif, namun kedepannya secara pribadi aku berharap bisa menjadi sarana untuk berkendara di Kota Jogja. Yaa dong… Harus Optimis untuk merubah gaya berkendara kita.

Jadi gaes, selama trial ini kita bisa menggunakan Sepeda secara Gratis. Cukup download melalui Play Store aplikasi “INABIKE” setelah itu lakukan registrasi dengan menggunakan no HP dan alamat email kamu, kemudian kamu akan mendapatkan Gratis 5 Jam bersepeda selama masa uji coba. Jangan kawatir, ada pemandu yang saat ini masih berjaga untuk membantu kamu. Operational sepeda di Kawasan Malioboro ini mulai pukul 06.00 s.d 21.00 Namun kedepannya layanan sepeda ini dapat digunakan diberbagai kawasan tidak hanya Malioboro saja, mirip Bus Trans Jogja itu lhoo yang memiliki shelter dibeberapa titik. Nah mudah-mudahan saja segera diwujud nyatakan shelter sepeda nya yah!

Sore itu akhirnya aku dan hid berhasil mencoba Layanan Sepeda Publik Berbasis Aplikasi di Malioboro. Dengan antusias kami bersepeda dari Malioboro hingga alun-alun, melewati Kraton dan tamansari serasa berwisata sejarah mengenang kembali Kota Jogja tempoe doeloe. Enggak nyesel mencoba hal baru dan sangat positif ini. Akhirnya aku dapat meraskan kembali menikmati Kota Jogja dengan santai, dengan bersepeda.

Manfaat yang didapat juga banyak lho… Coba bayangkan jika banyak masyarakat Jogja yang menggunakan Layanan Sepeda ini, berarti mengurangi banyak kendaraan bermotor yang melintas di jalan-jalan Kota Jogja. Buat kalian yang belum coba, buruan cobain deh! Mumpung masih Gratiss! Berharap program ini tidak hanya sementara, namun bisa berlanjut dan terus berkembang.

Merubah gaya hidup tidaklah mudah, namun menceritakan hal yang positif itu perlu dilakukan.

📷 @maulana_desert & @nurmahida
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1906

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.