P U L A N G | Pangakalan Bun – Kotawaringin Lama

Pulang… Kata itu yang selalu dirindukan bagi setiap mereka yang pergi entah kemana. Pergi bekerja, pergi keluar kota, mereka selalu rindu untuk Pulang. Namun, terkadang ada banyak alasan yang menjadikan mereka tidak bisa Pulang. Salah satunya saat kondisi jalan terputus atau tidak memungkinkan untuk mereka kembali pulang. Namun ada juga yang tetap memaksakan diri untuk pulang karena yaa memang harus pulang..

Jarak antara Pangkalan Bun sampai Kotawaringin Lama kurang lebih 41 Km. Kondisi jalan penghubung Pangkalan Bun ke Kotawaringin Lama tersebut belum beraspal, masih berupa tanah merah dan masih dalam proses pembangunan. Setiap kali turun hujan kondisi jalan penghubung dari Pangkalan Bun ke Kotawaringin Lama (disingkat KOLAM) benar-benar seperti Kolam. Berair dan berlumpur, bisa dibayangkan jika kita melintas kesana pastinya tidak hanya tenggelam kendaraan kita tetapi juga sulit berjalan.

Saya pernah mengalami, sewaktu di jogja, bukan dijalan penghubung namun hanya di dalam proyek pembangunan yang kondisi jalannya masih tanah lumpur dan ada genangan air. Hanya sekitar 5 meter saya rasa, saat saya melintas dengan sepeda motor memang diperlukan kemahiran khusus yaakk supaya tidak tergelincir, karena tanah itu sangat lunak membuat saya tergelincir dan terjatuh.

Nah, melihat kondisi jalan penghubung Pangkalan Bun ke Kotawaringin Lama yang seperti ini, saya dapat merasakan sekali bagaimana perjuangan setiap pengguna jalannya, apalagi jaraknya yang panjang… Roda empat saja belum tentu bisa melalui dengan mulus, apalagi kendaraan roda dua. Banyak yang tergelincir.

Kalau mereka yang mengalami hal seperti itu masih terus bersyukur, apalagi kita yang kondisi jalannya jauh lebih baik dari mereka, pastinya akan lebih bersyukur lagi.

Karena kondisi jalan tepatnya di Km 25 hingga Km 26 yang seperti ini, berbagai upaya terus dilakukan supaya mereka bisa pulang / mudik lebaran. Oleh karena itu menjelang arus mudik Lebaran, dinas PUPR melakukan upaya untuk melakukan perbaikan dengan membuat jembatan darurat sepanjang 1 Km. Bersyukur karena upaya tersebut dapat selesai pada tgl 9 Juni 2018. Semoga perjalanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 khususnya jalur Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama dapat berjalan lancar. Dan mereka bisa kembali pulang…

Photo by : dokumentasi dinas PUPR Kotawaringin Barat

#LadiesArtVenture #borneo #KotawaringinBarat #KotawaringinLama #pangkalanbun #pulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.