Pantang Plastik

Tahun Baru Gaya Baru resolusi untuk bumi.

Selain ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari diriku sebelumnya. 2019 ini Aku juga ingin komit untuk mengurangi penggunaan plastik. Aku cinta bumi ini, karenanya aku ingin melakukan hal sederhana yang bisa aku lakukan.

Seperti yang terlihat dalam foto, aku mulai nampak rempong dengan banyaknya alat yang aku bawa. Ahh itu hanya nampaknya saja, tetapi sebenarnya masuk dalam satu ransel kecil yang kubawa kemana-mana. Mirip kantong doraemon, meski ranselnya kecil tapi isinya apa saja ada, kata temanku.

1. Aku membawa botol minum untuk mengganti botol air mineral. Dan biasanya kalau berada disatu tempat, mata aku tertuju pada galon-galon air mineral, so jangan heran ya kalau nanti aku singgah kerumah kalian dan jika botol minumku kosong aku akan minta isi ulangnya.

2. Gelas mug biasanya aku isi air mineral juga, maklum kegiatanku banyak diluar ruangan. Dan jika nanti habis aku biasa menggunakannya untuk minum es jeruk, es campur atau apapun yang kalau beli selalu diberinya pakai gelas plastik.

3. Kalau lagi ketemu client atau teman, disebuah warung aku udah siapin sendiri sedotan stainless/bambu. Biasanya aku akan bilang sama pelayan untuk tidak memberiku sedotan.

4. Tas lipat. Aku beruntung sekali mendapatkan kado natal dari salah satu teman baikku (Ig. @tasia_rina) dan akhirnya bisa aku gunakan sebagai pengganti tas belanja, terima kasih kak Tasya. Nampak kecil dan rapi, namun jika sudah dibentangkan maka tas ini dapat menampung 2 kotak sepatu baru. Dimanapun aku berbelanja selagi muat masuk kantong ini aku menolak untuk diberikan kantong plastik. Oh ya kalau tidak cukup aku masih ada kantong yang kuselipkan dalam jok motorku.

5. Kotak makanan. Jika aku membeli jajan atau kue apapun aku gunakan kotak ini dan menolak diberikan plastik untuk membungkusnya.

Sebisa mungkin aku berusaha untuk mengurangi penggunaan kantong-kantong plastik. Awalnya mereka para penjual heran, tetapi ada pula diantara mereka yang senang karena aku bawa tempat sendiri, katanya “saya bisa hemat plastik kalau yang beli kayak mbak semua.”

Aku berharap apa yang aku lakukan ini dapat menyenangkan bumi dan membuatnya tetap lestari. Aku sudah memulainya, kamu kapan gaes?

📷 By @nurmahidah

@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1913 @greenpeaceid #PantangPlastik #BreakFreeFromPlastic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.