Resensi Buku Bumi

Bumi Tere Liye.jpeg

Judul Buku : Bumi

Penulis : Tere Liye

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 375 Halaman

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan Papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolah seru. Teman-temanku baik dan kompak.
Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.
Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang.

Cerita tentang petualangan remaja yang melintasi berbagai dunia. Dunia yang lain. Dunia yang ternyata berjalan bersama tanpa saling bersinggungan walau ada dalam satu tempat.
Menjadi menarik karena saat membaca, aku bebas berimajinasi. Merasakan sensinya berada dalam petualangan mereka para tokoh yang diceritakan. Mereka adalah Raib, Seli dan Ali. Tiga tokoh utama yang diceritakan dalam buku ini memiliki karakter tersendiri.
Raib, anak perempuan yang suka menyendiri, perempuan dari Klan Bulan, memiliki dua kucing padahal yang terlihat hanya si Putih sedangkan si Hitam adalah kucing yang tak pernah benar-benar terlihat, bisa menghilang dengan cara kedua tangan menutupi wajah.
Seli, anak perempuan yang bersahabat, perhatian dan modis, perempuan dari Klan Matahari, bisa mengeluarkan petir dari tangannya.
Ali, anak laki-laki yang genius, si biang kerok, Klan Bumi makhluk tanah, bisa berubah menjadi beruang besar.
Selain itu tokoh yang muncul dalam seri pertama Bumi ini adalah Mss Selena yang merupakan guru matematika 3 remaja itu, di sekolah. Tamus adalah seorang pria yang berasal dari Klan Bulan. Suami istri Ilo dan Vey yang ada di dunia lain Klan Bulan, memiliki dua anak bernama Ily yang sudah masuk akademi dan Ou yang lucu dan menggemaskan berusia 4 tahun. Av seorang penjaga perpustakaan, pusat pengetahuan dan tempat terpenting di dunia lain Klan Bulan. Tog adalah panglima timur pasukan bayangan dan Stad adalah panglima barat pasukan bayangan.

Nah, apa yang membuat seru? Cerita ini tentang
Serial teknologi mutakhir – science fiction. Bumi merupakan serial pertama. Oh tentunya kamu tak perlu membaca secara berurutan karena setiap buku memiliki cerita dan petualangannya sendiri. Memang sih buatku, setiap kali membaca bagian akhir selalu penasaran dengan cerita petualangan Ra, Seli dan Ali berikutnya. Banyak hal mutakhir yang dapat kita bayangkan dalam cerita ini. Seperti mandi dengan uap. Pakaian yang dapat menyesuaikan besar kecil tubuh, rasanya bakalan awet dan tidak cepat robek. Cerita ini mengisahkan tentang dunia yang berbeda. Bumi tentu saja seperti yang kita lihat, namun dunia lain milik Klan Bulan? Kita akan diajak untuk berimajinasi.

Awalnya Raib atau yang sering disapa Ra, menyimpan rahasia besar. Sejak usia dua tahun, ra dapat menghilang hanya dengan menutup wajah dengan kedua telapak tangannya. Hingga akhirnya teman sekelas Ra si biang kerok Ali mengetahuinya. Pertama Ali curiga, dan rasa ingin tahu yang amat sangat membuat Ali melakukan banyak cara. Kejadian besarpun terjadi di dekat sekolah. Saat Ra dan Seli teman sebangkunya di kelas tertimpa musibah. Menjadi seru ketika Seli secara spontan mengeluarkan petir dari tangannya untuk menyelamatkan diri, dari lilitan kabel gardu tiang listrik yang roboh. Seketika juga Ra dapat menghilangkan gardu yang hendak menimpa mereka berdua. Dan menjadi seru saat Ali mengetahui kejadian itu dan lantas menyelamatkan Ra dan Seli dari orang-orang yang datang mencaritahu. Petualangan seru pun dimulai. Hingga akhirnya mereka bertiga masuk dalam dunia yang berbeda melalui lorong waktu.
Apa yang mereka lakukan di dunia Klan Bulan?
Bagaimana mereka menjalani hari-hari berikutnya?
Akan lebih seru kalau kamu baca sendiri bukunya. Rekomended buat kalian yang suka berimajinasi dan suka cerita petualangan. Banyak hal tak terduga.
Nah, selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.